Powered by Blogger.

ST3 Telkom Purwokerto : Sekolah Tinggi untuk IT

Assalamu'alaikum Wr.Wb. , salam sejahtera bagi kita semua dan om swasyastu
apa kabar temen-temen ? semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia yaa
kali ini fakhri akan share tentang salah satu sekolah tinggi di Jawa Tengah

berdiri sejak tahun 2002, dulu bernama Akademi Telekomunikasi (AKATEL) Sandhy Putra Telkom
sekarang namanya telah berubah menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom (ST3 Telkom) fakhri sendiri tidak tahu kenapa tidak disebut ST4 saja sekalian , hehe , mungkin karena agar nama "Telkom" tetap tersemat . Beralamat di Jl DI. Panjaitan 128 Purwokerto, Jateng, Indonesia
 ini untuk lebih spesifiknya -7.434772, 109.250943 , itu koordinat ST3 Telkom , copy dan paste saja angka itu di google maps ,atau klik saja gambar diatas, kalian akan menemukan lokasinya :) .

ST3 Telkom Purwokerto bisa dibilang universitas baru, 20 Desember 2012 merupakan awal perubahan nama dari AKATEL menjadi ST3 Telkom , perubahan nama ini bukan tanpa sebab, AKATEL memiliki pengalaman mencetak tenaga ahli dibidang Telekomunikasi pada jenjang pendidikan D3 sehingga statusnya naik menjadi Sekolah Tinggi, tak hanya itu , ST3 Telkom juga menambah prodi(program studi) baru yaitu S1 Teknik Telekomunikasi dan S1 Teknik Informatika.

Apa yang membuat kampus ini berbeda ? menurut fakhri kampus ini sangat menarik karena kampus ini merupakan satu-satunya , ya , satu-satunya Lembaga Pendidikan Tinggi di Jawa Tengah yang berfokus pada bidang Telematika. Selain itu kampus ini juga diproyeksikan untuk menjadi TELKOM UNIVERSITY NATIONAL CAMPUS yang PERTAMA di luar Bandung, tak perlu khawatir "kami memiliki sumberdaya dan dukungan yang kuat dari TELKOM GROUP" pernyataan dari pihak ST3 Telkom di website resminya.

Fakhri sudah pernah melihat kampus ST3 Telkom, Kampusnya bagus, Kantinnya bersih , dimana-mana ada wifi(hehe),parkiran luas banget,  fakhri ke ST3 Telkom tanggal 16 september 2013 disana selama 3 hari 2 malam, coba tebak fakhri ngapain ke ST3 telkom tanggal itu ?
coba cek google ? eh gak usah , fakhri kasih tau aja biar gak bolak balik ke google :)

Jadi tanggal 16 september 2013 - 19 september 2013 fakhri ke ST3 Telkom Puwokerto dalam rangka mengikuti Lomba, Lomba Keterampilan Siswa atau sebut saja LKS
 sekilas saja , LKS adalah lomba tingkat SMK , event ini dilakukan tahunan , dan alhamdulilah fakhri dapat kesempatan itu lolos seleksi di kabupaten mengalahkan smk lain di Pemalang,  membawa nama SMK Nusantara 1 Comal ke tingkat provinsi. Tapi (denger kata "tapi" pembaca kecewa ya ? maaf) , maaf fakhri belum bisa lolos ke tingkat nasional , karena waktu itu fakhri dapet juara 7 dari 32 peserta se-jawa tengah. Maaf pada bu Eko (dulu selaku kepala SMK nusantara) , maaf bu fakhri belum bisa meneruskan jejak mas Nasohi Ciptandani (ini kakak kelas fakhri, dia juara LKS tingkat nasional) . yah jadi melow gini ya
oke , kembali ke laptop
kembali ke benang merah, selama 3 hari disana fakhri seneng liat ST3 Telkom, aulanya luas sekali, fakhri dulu lombanya di aula depan, event organizer (panitia) nya juga ramah-ramah, panitianya orang ST3 Telkom, diseluruh sudut tercover wifi, dan kecepatannya gak usah ditanya, masa iya telkom lemot? hehe. diatas rata-rata lah kecepatan koneksinya.
after all this, lets talk about Education Program and Graduates Qualification
ST3 Telkom organize Telecommunication Engineering Program S1, S1 Information Engineering, Diploma in Telecommunication Engineering, Diploma I Programming, and Computer and Network Engineering Diploma I . (S1 a.k.a Bachelor Degree) (Diploma a.k.a associate degree) (a.k.a = also known as)
ya semoga kalian mengerti , my apologies my english not too good, but i always train it.

dan berikut untuk Kualifikasi Lulusan ST3 Telkom
  • Mempunyai keahlian professional dan keahlian akademik dalam bidang studi serta mampu mengenali dan mengamati dinamika pembangunan telekomunikasi pada umumnya.
  • Mampu menjadi pengawas dan pimpinan terdidik, tanggap dan tangguh bagi industri telekomunikasi dan informatika.
  • Mampu mengantisipasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah di bidang teknik dan industri telekomunikasi dan informatika.
  • Mampu mengelola bidang usaha teknik dan industri telekomunikasi dan informatika.
  • Mampu mengembangkan teknik dan industri telekomunikasi dan informatika di masa depan.


Prestasi yang telah dicapai ST3 Telkom juga tidak sedikit , diantaranya :
Dua mahasiswa Akademi Telkom Purwokerto lolos dalam tahap semifinal CEC-AGF-2011. Dalam ajang ini Rizky Dwi Rahmawan dan Hilmy Febrian Nugraha mengusung project social-preneurship bersama yang diberi nama “Taman Kuliner”. Project “Taman Kuliner” lolos ke tahap semifinal di CEC-AGF tahun kedua ini dalam kategori Self Established project bersama 14 project self established lainnya dari seluruh Indonesia. baca selengkapnya.
dan masih banyak prestasi lain yang bisa kalian lihat disini

So , what the conclusion ?
fakhri sendiri sekarang kelas 3 SMK, mungkin kampus ini akan menjadi salah satu pilihan untuk melanjutkan, dan mungkin kalian tertarik untuk study di ST3 Telkom Puwokerto ? informasi lengkap tentang kampus ini bisa kalian dapatkan disini http://st3telkom.ac.id/.

ya udah , sekian aja dari fakhri , mohon maaf bila ada salah kata , semoga yang artikel "ST3 Telkom Purwokerto Sekolah Tinggi untuk IT" yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.
Wassalam.



Sumber :
  •  http://st3telkom.ac.id/
  • pengalaman pribadi


artikel ini ditulis dalam rangka mengikuti kontes blog ST3 Telkom "Dies Nataies" yang ke-2.




4 comments:

  1. makasih mas, saya jadi tertarik untuk kuliah diST3 Telkom Purwokerto

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pendaftaran silahkan kunjungi website resminya saja mas .

      Delete
  2. Kapan STT Telematika Telkom menjadi Telkom University kampus Purwokerto gan?

    ReplyDelete
  3. Jadi tertarik kuliah di ST3 Telkom Purwokerto
    mohon kumbalnya gan Ace Maxs

    ReplyDelete

Cloud Labels